Selamat datang di Zona Yoggazta Jaga sikap dan tanamkan kedamaian ya Dan jadiLah diri kamu sendiri ok Yoggazta Cinta Damai

Minggu, 05 Januari 2014

Sehat dan Cerdas dengan Sarapan ; Makanan dan Minuman untuk Sarapan Sehat


B
agaimana cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat di pagi hari untuk mahasiswa? Ya, mungkin itu pertanyaan sederhana tetapi sulit untuk dilakukan mahasiswa pada umumnya. Usahakan untuk sarapan pagi hari tidak mengkonsumsi makanan yang berat seperti nasi dalam jumlah atau porsi yang banyak, terlebih untuk mahasiswa yang akan melakukan aktivitas dari pagi sampai siang atau sore hari. Mungkin banyak mahasiswa yang beranggapan sarapan dengan nasi yang banyak di pagi hari dapat menahan rasa lapar sampai siang hari atau sampai jam istirahat tiba anggapan tersebut memang benar, tetapi dengan tanggung jawab yang besar dari seorang mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan atau wawasan baru haruslah fokus atau konsentrasi terhadap materi yang diberikan oleh dosen. Adanya anggapan seperti itu memang benar dapat menahan rasa lapar, tetapi disisi lain dapat membuat keadaan menjadi mengantuk karena asupan karbohidrat yang tinggi jika mengkonsumi nasi dalam jumlah yang tidak terkontrol dan konsentrasi pun dapat saja terganggu.
            Biasakan sarapan pagi dengan makanan yang ringan seperti roti tawar dengan isi susu atau selai buah dan minum minuman bergizi seperti sereal atau susu yang di dalamnya cukup mengandung asupan vitamin, protein dan karbohidrat. Meskipun roti dan sereal hanya menahan lapar sesaat, tetapi cara ini dapat membuat perut terisi sampai saatnya jam istirahat tiba. Pada siang hari atau saat jam istirahat, posisikan diri kita sebagai “anak raja” dengan mengkonsumsi nasi dan lauk yang cukup untuk menahan rasa lapar hingga sore hari tiba. Makanan tersebut haruslah kaya akan nilai gizi yang sangat diperlukan bahkan diwajibkan seperti kombinasi nasi, ikan, daging atau telur dan sayuran dan menyempurnakan dengan meminum susu atau air putih yang cukup serta diimbangi dengan olahraga. Jika cara tersebut dilakukan secara rutin, selain dapat menjadikan tubuh sehat, dalam melahirkan generasi muda yang cerdas pun dapat tercapai. Semoga tips ini dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pendapat lain, masukan, atau kritik membangun untuk kebaikan penulis, khalayak, dan isi blog ini bisa tuliskan pesan di bawah ini dengan menyertakan identitas. Terima kasih.