Selamat datang di Zona Yoggazta Jaga sikap dan tanamkan kedamaian ya Dan jadiLah diri kamu sendiri ok Yoggazta Cinta Damai

Senin, 12 November 2012

Minum Kopi Gak Bisa Tidur

Ternyata bener juga ya teori yang saya dapatkan, minum kopi bakalan gak bisa tidur!! Ternyata di dalam kopi ada yang namanya kafein, dimana kafein ini mempunyai mekanisme kerja di dalam tubuh yaitu bersaing dengan adenosin, yang mana adenosin ini suatu senyawa yang terdapat di dalam sel otak yang menyebabkan seseorang cepat tidur. Kafein akan bersaing dengan fungsi adenosin, sehingga fungsi adenosin yang tadinya membuat seseorang cepat tidur menjadi dialihkan oleh kafein dan kondisi tubuh pun tidak akan mudah mengantuk, tetapi akan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang dan aliran darah menaik serta otot-otot berkontraksi, hati pun akan melepas gula melalui aliran darah sehingga menjadi suatu energi.

Keuntungan mengkonsumsi kopi nih :
Menurut Harvard Women’s Health, mengkonsumsi 2-3 gelas kopi perhari dapat melindungi kesehatan dari gangguan penyakit seperti batu ginjal, kanker usus, kerusakan fungsi hati, parkinson, dan penyakit jantung (rangkuman dari berbagai sumber).

Kerugiannya nih :
Menurut sumber yang beredar dari penelitian yang dimuat di Journal of Neurology, Neurosurgry and Psychiatry tahun 2002 (Jurnalnya belum lihat sih, tapi ini kan "menurut"), minum lebih dari 5 gelas kopi per hari dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Kegiatan mengkonsumsi kopi secara terus menerus sampai akhirnya ketergantungan dapat menyebabkan penyakit stroke loh. Nah, tau gak kenapa seseorang menjadi ketergantungan meminum kopi? Kalau menurut saya nih, kopi kan bersifat mempengaruhi sistem saraf pusat di otak, dan seseorang yang meminum kopi pada awalnya dalam dosis yang wajar (misal 1-2 cangkir) per hari akan merasa segar dan kondisi tubuh tidak merasa capek, kemudian seseorang akan berfikir "wah biar gak ngantuk minum kopi aja lah", secara gak sadar seseorang tersebut sudah mulai terpengaruh, dan akhirnya sistem dalam tubuhnya akan terpengaruh juga sehingga menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan, bahkan yang tadinya per hari misalnya 2 gelas, bisa menjadi lebih.

"Dimana-mana yang berlebihan itu tidak baik, berbuatlah sewajarnya", sangat sulit melawan "ketergantungan", sama hal nya melawan emosi atau nafsu yang timbul dari dalam jiwa. Jiahhh bahasanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pendapat lain, masukan, atau kritik membangun untuk kebaikan penulis, khalayak, dan isi blog ini bisa tuliskan pesan di bawah ini dengan menyertakan identitas. Terima kasih.