Selamat datang di Zona Yoggazta Jaga sikap dan tanamkan kedamaian ya Dan jadiLah diri kamu sendiri ok Yoggazta Cinta Damai

Senin, 09 Mei 2011

Metana (CH4)

Kegunaan: Metana - meth - CH4 adalah tidak berwarna, mudah terbakar, gas beracun dengan bau, jenis minyak manis. Metana adalah berguna dalam pengujian peralatan gas yang akan digunakan untuk daerah gas alam. Ini adalah salah satu bahan baku yang digunakan dalam produksi etanol, metil klorida, metilen klorida, dan juga digunakan untuk memproduksi amoniak dan actylene. Mathane tinggi kemurnian dibakar untuk membentuk karbon hitam berkualitas tinggi yang digunakan dalam berbagai komponen elektronik.
Metana juga dihasilkan industri dari penyulingan destruktif batubara bitumen dalam pembuatan gas batubara dan gas kokas-oven. Proses lumpur aktif-pembuangan limbah juga menghasilkan gas yang kaya metana.
Metana adalah anggota paling sederhana dari seri parafin hidrokarbon. rumus kimia adalah CH4. Ini lebih ringan dari udara, dengan berat tertentu 0,554. Hal ini hanya sedikit larut dalam
air. Ini mudah terbakar di udara, membentuk karbon dioksida dan uap air, nyala api pucat, sedikit bercahaya, dan sangat panas. Titik didih metana adalah -162,0 ° C (-259,6 ° F) dan titik lebur adalah -182,5 ° C (-296,5 ° F). Metana pada umumnya sangat stabil, tetapi campuran metana dan udara, dengan kandungan metana antara 5 dan 14 persen berdasarkan volume, yang meledak. Ledakan dari campuran semacam itu telah sering di tambang batu bara dan collieries dan telah menjadi penyebab banyak bencana tambang.
Sumber utama metana adalah gas alam, yang berisi dari 50 sampai 90 persen metana, tergantung pada sumbernya. Metana yang dihasilkan dari penyulingan destruktif batubara bitumen dan karbonisasi batubara sangat penting di lokasi di mana gas alam tidak banyak.
Sejak gas alam komersial yang sebagian besar terdiri dari metana, menggunakan mereka mungkin untuk semua tujuan praktis dianggap identik. Karena melimpahnya, biaya rendah, kemudahan penanganan, dan kebersihan, gas tersebut banyak digunakan sebagai bahan bakar di rumah, pelanggan komersial, dan pabrik.
Metana merupakan sumber penting dari hidrogen dan beberapa bahan kimia organik. Metana bereaksi dengan uap pada suhu tinggi untuk menghasilkan karbon monoksida dan hidrogen, yang terakhir digunakan dalam pembuatan amonia untuk pupuk dan bahan peledak. bahan kimia berharga lain yang berasal dari metana termasuk metanol, kloroform, karbon tetraklorida, dan nitromethane. Pembakaran tidak sempurna menghasilkan karbon metana hitam, yang banyak digunakan sebagai agen penguat dalam karet digunakan untuk ban mobil.


Metana & Iklim Sains PDF Cetak E-mail
oleh Joe Melton, MSc
Metana (CH4) adalah molekul organik yang paling berlimpah di atmosfer bumi dan memainkan peran penting dalam kedua anggaran energi radiasi planet dan kimia atmosfer global (Brasseur et al, 1999.). Ini kehadiran di atmosfer pertama kali tercatat pada tahun 1948 dari fitur dalam penyerapan spektrum inframerah [Migeotte, 1948] dan sekarang rutin diukur. CH4 adalah gas rumah kaca ketiga yang paling penting setelah uap H2O dan karbon dioksida (CO2) dan memiliki Potensi Pemanasan Global (GWP) 25 kali CO2 pada skala waktu 100 tahun (Forster et al, 2007.).
The radiasi langsung memaksa (pemanasan) karena peningkatan konsentrasi CH4 di era industri (yaitu setelah 1750 AD) adalah 0,48 W / m 2 (Forster et al 2007.,). Peningkatan konsentrasi metana juga membayar kontribusi radiasi memaksa secara tidak langsung, melalui interaksi troposfer yang mempengaruhi konsentrasi ozon, peningkatan uap air stratosfer (yang merupakan sumber utama), serta menyediakan sumber tambahan kecil CO2 (metana, dalam kehancuran, adalah teroksidasi menjadi CO2). Jika efek tidak langsung diperhitungkan, maka radiasi memaksa karena antropogenik (dari asal manusia) peningkatan metana diperkirakan m ~ 0,85 W / 2, dibandingkan dengan 1,66 m W / 2 untuk CO2 (Forster et al., 2007) .
Metana proses produksi termasuk gas metan oleh mikroorganisme di bawah anoxic (tanpa oksigen) kondisi, thermogenik (panas) dan abiogenic (non-hidup) produksi metana yang terjadi di bawah permukaan bumi, dan baru-baru ini ditemukan, dan kontroversial, produksi metana aerobik oleh materi tanaman (Keppler et al 2006).. Metana kehancuran, pada gilirannya hasil oleh aksi bakteri methantrophic oksidatif, baik aerobik dan anaerobik, dan proses abiotik. Ini adalah tenggelam kedua yang paling penting (setelah karbon monoksida (CO)) dari radikal hidroksil troposfer (· OH) (Brasseur et al, 1999.). Troposfer · OH adalah "agen pembersih" dari atmosfer dan bertanggung jawab untuk oksidasi dan penghilangan senyawa organik yang paling. fluktuasi substansial dalam konsentrasi CH4 memiliki kekuatan untuk mempengaruhi konsentrasi · OH dan dengan demikian mengubah tahan banyak lainnya atmosfer jejak spesies (Forster et al, 2007.). Oksidasi CH4 oleh: o OH juga merupakan salah satu sumber utama CO dan formaldehida dalam troposfer (Hobbs, 2000). Perubahan konsentrasi CH4 juga mempengaruhi produksi ozon troposfer (Brasseur et al, 1999.).
Methane catatan, bersama dengan proxy paleo-temperatur, baik dari Antartika (Petit, et al., 1999) dan Greenland (Chappellaz, et al, 1993.) Mengungkap korelasi yang erat antara metan dan pemanasan skala seribu dan pendinginan. Memang, CH4 lebih sejajar dengan variasi yang cepat dari catatan suhu kutub daripada gas diukur lain (Chappellaz, et al, 1993.). Manusia memiliki anggaran metana terganggu atmosfer pada tingkat yang luar biasa. catatan inti es menunjukkan bahwa konsentrasi CH4 yang tetap antara 350 dan 800 bagian per miliar (ppb) untuk 650 ribu tahun terakhir (kyr) (Brook et al, 2000;. Spahni et al, 2005.), sedangkan saat ini rata-rata global Konsentrasi CH4 adalah 1775 ppb (Forster et al, 2007.).
Kenaikan konsentrasi CH4 akibat kegiatan antropogenik (yang meliputi pertanian padi, ruminansia (sebagai contoh, sapi)., Pembakaran biomassa (hutan dan kebakaran rumput), pertambangan batubara, dan landfill) biasanya dianggap telah dimulai sekitar tahun 1750 Masehi, meskipun juga berpendapat bahwa manusia secara signifikan mempengaruhi anggaran metana global dimulai sekitar 5 kyr sebelum sekarang (Ruddiman, 2003).
Dari catatan metana, konsentrasi CH4 terlihat untuk mulai bangkit dari ~ 700 ppb sekitar tahun 1750 AD dan meningkat dalam mode sekitar eksponensial sampai sekitar tahun 1980-an. Pada 1990-an, kenaikan diperlambat dan konsentrasi CH4 mendatar sekitar tahun 2000, yang telah dikaitkan dengan stabilisasi emisi CH4 kumulatif (Forster et al, 2007.).

2 komentar:

  1. warna dari metana ch4 itu sendiri apa

    BalasHapus
  2. PT. Citra Nusantara Energi sebagai distributor Gas Alam cocok digunakan di Industri/alat transportasi pribadi/umum. AMAN, LEBIH RAMAH LINGKUNGAN & HARGA BERSAING. For more info CALL (031) 8550858 or klik http://cne.co.id/ :)

    BalasHapus

Silahkan jika ada pendapat lain, masukan, atau kritik membangun untuk kebaikan penulis, khalayak, dan isi blog ini bisa tuliskan pesan di bawah ini dengan menyertakan identitas. Terima kasih.